Wednesday, May 1, 2013

CARA SUKSES BERJUALAN ONLINE


4 Cara Sukses Berjualan Online 
Di Era yang sangat maju ini membuat perkembangan teknologi menjadi semakin pesat. Hal ini dapat kita lihat dari adanya kemajuan teknologi internet, yang akhirnya membawa banyak perubahan dalam hidup. Tak terkecuali perubahan cara berbisnis, dalam hal ini berjualan dan berbelanja.
Kita bisa bandingkan zaman dulu dengan zaman sekarang. Kalau dulu, untuk berjualan kita harus memiliki toko, setidaknya kios kecil. Tapi sekarang ini kios kecil dapat kita miliki secara virtual di sunia maya.
Ditambah lagi saat ini, semua orang tanpa terkecuali dapat mengakses internet secara mudah. Dapat dikatakan bahwa bisnis berjualan online ini sangat menguntungkan. Tapi di lain pihak, dengan mudah nya mengakses internet, orang2 juga berlomba2 untuk membuka toko virtual nya sendiri.


Nah, simak empat tip berikut ini agar Anda dapat sukses berbisnis via kios online yang Anda miliki.


Musim.Kita harus memperhatikan musim. Dengan kata lain kita harus pandai2 melihat situasi dan kondisi yang berlaku pada saat itu. Jangan hanya menjadi pedagang dadakan pada suatu musim tertentu. Misalnya saja, karena menjelang hari Natal, anda yang dari awalnya tidak pernah jualan kue kering mendadak anda beralih untuk berjualan kue kering. Memang hal tersebut bukan tidak bisa mendatangkan keuntungan. Tapi alangkah lebih baiknya anda telah membuat perencanaan terlebih dahulu, apa yang bisa anda perdagangkan pada "musim" tertentu dalam setaon. Jadi anda sudah bisa tau apa barang yang kiranya pas untuk dijual pada momen tersebut.
Dengan kata lain, apabila anda berencana untuk menjadi pedagang online yang menjual baju / pakaian anak, Anda sudah bisa merencanakan kapan momen yang pas untuk berjualan baju anak yang bernuansa "Natal", "Lebaran" dan "Imlek". Dengan adanya perencanaan tahunan, anda dapat mengatur waktu yang pas (jauh2 hari) sebelum musim tersebut.


Jenis barang.  Untuk menjadi seorang pedagang yang sukses, baik pedagang online maupun tidak, anda diharapkan menjual barang yang beragam. Ini yang dikatakan permainan statistik. Semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan barang akan terjual. Probabilitas 100 jenis barang terjual, lebih besar ketimbang hanya 50 jenis barang. Dikombinasikan dengan musim, hal ini akan sangat manjur mendongkrak kesuksesan berjualan online Anda.

Harga. Menjadi seorang pedagang yang sukses, sangat diperlukan strategi harga. Berikan harga yang bersaing dan kompetitif. Maksudnya, tidak saja barang-barang yang Anda jual memiliki kualitas tinggi, terdeskripsikan dengan baik serta didukung foto-foto yang detil – lengkap dengan pembanding ukuran, tapi juga harus didukung dengan harga yang tepat agar Anda sukses berjualan online. Untuk itu Anda wajib melakukan riset untuk membandingkan harga. Anda tentu tak perlu menjadi yang termurah, tapi yang terpenting pembeli harus teryakinkan bahwa pelayanan Anda sempurna dengan kualitas yang terjaga.



Sentuhan pribadi. Apa yang membuat Anda nyaman berbelanja di toko A ketimbang di toko B, padahal harganya sama? Apakah suasana? Pelayanannya? Bila iya, hal itu berkaitan dengan apa yang disebut dengan sentuhan pribadi. Sama dengan kios nyata, kios virtual juga dapat menyajikan sentuhan pribadi untuk memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan agar sukses berjualan online. Misalnya, Anda dapat memberikan kemasan yang baik dan aman ketimbang hanya membungkus barang yang dipesan pelanggan ala kadarnya. Sertakan juga kartu ucapan terima kasih telah menjadi pelanggan, atau bahkan rajin mengirim kartu ucapan selamat ulang tahun – dalam bentuk e-card sekalipun, akan membuat kios virtual Anda semakin dekat di hati pelanggan. Anda juga dapat meletakkan dua kartu nama – satu untuk disimpan pelanggan, satu untuk pelanggan berikan kepada teman mereka. Usahakan sentuhan pribadi ini tetap dalam bujet yang minim, tapi memiliki impact kuat bagi pelanggan.



CHERISH SHOP
web        : www.cherish-shop.com
FB          : www.facebook/emywahyuni
Fanpage: Cherish Shopp
pin bb     : 27E74A91




No comments:

Post a Comment